Mesin digital printing terlengkap

Mesin digital printing ada berbagai macam jenis yang ada, dengan pilihan ukuran area cetak, untuk setiap jenisnya. Namun tidak semuanya populer dipergunakan, hanya beberapa saja yang umum, khususnya pada bidang usaha advertising.

Yang dibahas disini hanya 4 jenis saja, yang populer dipergunakan, yaitu:

  • Printer Indoor
  • Printer Outdoor
  • Printer Sublimasi
  • Printer UV

Untuk penjelasan singkat dari ke 4 jenis printer tersebut adalah sebagai berikut:

Mesin digital printing indoor

Jenis printer ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan, dan yang memiliki harga paling murah jika dibandingkan dengan jenis printer besar lainnya, produk asal China dan Jepang yang paling mendominasi penggunaan.

Tinta yang digunakan pada jenis mesin digital printing ini adalah tinta eco solvent, sedangkan untuk printheadnya sendiri kebanyakan menggunakan printhead Epson DX5 ataupun Epson DX7 (pada saat ini), serta XAAR.

Xuli X6-1880
Xuli X6-1880

Jenis mesin digital printing indoor sendiri banyak digunakan untuk print pada bahan seperti sticker, albatros, luster, dan beberapa jenis bahan lainnya, namun pada bidang usaha lain juga digunakan untuk print pada bahan spunbond.

Ada 2 tipe untuk jenis printer indoor yang banyak digunakan, yaitu:

Dari segi ukuran lebar area cetaknya, rata-rata memiliki ukuran antara 1,6 meter dan 1,8 meter, sedangkan untuk kecepatan cetaknya beragam, tergantung dari jumlah printhead yang digunakan, karena ada tipe yang menggunakan 2 printhead.

Mesin digital printing outdoor

Berbeda dengan printer outdoor, jenis ini juga termasuk yang paling banyak digunakan, memiliki lebar area cetak yang lebih besar dibandingkan dengan printer indoor. Umumnya mencapai 3,2 meter untuk lebar cetaknya, bahkan dahulu ada yang mencapai 5 meter.

Printhead mesin digital printing outdoor ini ada beberapa macam yang digunakan, diantaranya yaitu:

  • Konica 512
  • Konica 512i
  • XAAR
  • Ricoh
  • Seiko

Yang paling banyak digunakan untuk printheadnya adalah Konica, dan pada saat ini yang menjadi favorit yaitu printer yang menggunakan printhead Konica 512i. Karena hasil print yang lebih bagus dan lebih cepat, dan bisa dibilang saat ini adalah mesin digital printing outdoor terbaik.

Printer outdoor yang menggunakan printhead Konica 512i mampu untuk mencetak dengan kecepatan 120 m/jam, itu dengan 4 printhead, (pada printer outdoor rata-rata menggunakan 4 printhead, dengan optional penambahan menjadi 8 printhead), biasanya difungsikan sebagai mesin cetak banner.

Jenis mesin digital printing outdoor sudah umum digunakan untuk print pada bahan flexi, bahan yang biasa digunakan untuk cetak banner ukuran besar, jadi 1 roll bahan flexi bisa di print langsung tanpa harus dipotong terlebih dahulu.

Harga mesin digital printing outdoor memang lebih mahal, jika dibandingkan dengan jenis indoor, namun dari segi cost produksi lebih murah, karena harga tinta solvent yang mencapai 660 ribu/galon yang berisi 5 liter (harga tinta tergantung dari jenis printhead yang digunakan).

Mesin digital printing sublimasi

Printer sublimasi ini berbeda sendiri apabila dibandingkan dengan ketiga jenis printer sebelumnya, karena pada jenis printer sublime khusus digunakan untuk print pada bahan kain, tidak untuk pada bahan lainnya.

Kebanyakan yang menggunakannya untuk memproduksi jersey, boneka, handuk, serta beberapa produk lainnya, tinta yang digunakan adalah jenis tinta sublime, dengan harga tintanya yang mencapai kisaran 450 ribuan perliter.

Pada dasarnya untuk fisiknya sendiri sama seperti printer indoor, namun hanya dibedakan pada jenis tinta yang digunakan saja, jadi untuk harga mesin printing sublimasi kain ini, sama dengan harga mesin digital printing indoor.

Mesin digital printing sublimasi Xuli
Printer sublimasi Xuli

Sebagai catatan, bahan kain tidak dapat di print langsung, tetapi harus menggunakan media transfer paper, jadi bahan transfer paper di print. Lalu kemudian di press pada bahan kain dengan mesin roll press, sehingga membutuhkan dua kali proses kerja dengan dua jenis mesin yang berbeda.

Hasil print dari printer sublime ini tahan lama dan tidak mudah luntur, meskipun memang ada pengaruh dari kualitas tinta yang digunakan, berbeda jauh dengan kualitas langsung dari printer yang cetak langsung pada kain.

Mesin digital printing uv

Ini jenis printer yang termasuk ke dalam tipe high end, memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dengan hasil cetak yang lebih bagus. Mesin digital printing UV dapat digunakan untuk print pada banyak jenis bahan, termasuk bahan padat sekalipun, atau bahan yang tidak umum dalam dunia digital printing.

Bahan seperti kayu, acrylic, dan kaca bisa dicetak dengan menggunakan printer uv, jenis printer uv sendiri ada 2, yaitu roll to roll dan flatbed. Bahan dengan ketebalan lebih dari 3 mm bisa menggunakan jenis mesin digital printing uv flatbed, bahkan bisa sampai dengan ketebalan 8 cm.

Xuli UV X6-1880
Xuli UV X6-1880

Pada mesin digital printing uv roll to roll, lebih banyak digunakan untuk bahan seperti canvas, wallpaper, spunbond, dan beberapa jenis bahan lainnya, termasuk juga pada bahan sticker apabila membutuhkan hasil yang lebih bagus, salah satu brand yang memiliki jenis printer ini adalah Xuli.

Dari jenis printhead yang digunakan ada beberapa macam, biasanya menggunakan printhead Epson DX atau DX7, dan XAAR pada jenis roll to roll, sedangkan pada jenis flatbed selain dari printhead Epson, juga ada yang menggunakan printhead Ricoh dan XAAR.

Pada jenis printer uv flatbed sendiri, ketebalan bahan yang dapat di print bisa mencapai 10 cm, bahkan ada tipe mesin yang dapat melakukan cetak pada bahan dengan ketebalan 15 cm, dan tetap di dapat hasil yang baik.

Tersedia juga tinta uv warna putih pada setiap jenis printer uv ini, sehingga untuk print pada bahan berwarna gelap atau transparan tetap dapat dilakukan, konfigurasinya juga dapat diatur, antara CMYK+W atau W+CMYK. Untuk beberapa tipe tertentu, sudah tersedia varnish (hanya beberapa tipe saja).

Penutup

Semua jenis printer besar ini dapat terpengaruh pada arus listrik yang tidak stabil, maka disarankan untuk menggunakan stabilizer ataupun UPS, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, serta melakukan cek grounding.

Apabila anda baru akan membuka jenis usaha digital printing, disarankan untuk melihat demo mesin tersebut terlebih dahulu, serta review terhadap brand dari printer tersebut, dan pastikan memiliki service center resminya.

Apabila membutuhkan informasi lebih jelas mengenai mesin digital printing lebih lanjut, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia, atau melalui no: 0858-99989808 (Phone/WhatsApp).

Leave a Comment

error: Content is protected !!